Accurate sebagai Program Aplikasi Komputer Akuntansi untuk SMK

29 08 2011

Sesuai dengan kurikulum SMK berbasis kompetensi khususnya untuk jurusan Akuntansi, yaitu kompetensi “Mengoperasikan Aplikasi Komputer”. Tujuan kompetensi ini pada dasarnya adalah memperkenalkan cara kerja program aplikasi komputer yang sering digunakan perusahaan (DUDI) dalam mengerjakan pekerjaan akuntansi, dimulai dari entri data jurnal sampai dengan penyajian laporan keuangan perusahaan. Kurikulum ini sangat penting diajarkan kepada siswa akuntansi SMK, karena mengingat output SMK akan mengisi kebutuhan kerja tenaga pelaksana (klerk) dibidang keuangan dan akuntansi perusahaan, yang diharuskan mampu bekerja menggunakan program komputer akuntansi.

Dalam perkembangannya, program yang sering digunakan sebagai alat bantu pembelajaran di SMK adalah program MYOB Accounting yang berasal dari Australia. Padahal banyak sekali program-program sejenis yang dijual bebas dipasaran dan digunakan perusahaan. Pada umumnya setiap perusahaan pasti memperhitungkan kebutuhan internal dalam menentukan program komputer akuntansi apa yang digunakan. Salah satu kebutuhan internal perusahaan terhadap program komputer akuntansi adalah memiliki relasi langsung dengan Ketentuan Perpajakan Indonesia.

Kami merupakan pihak yang pertama kali mengembangkan Diklat MYOB bagi Guru Akuntansi SMK di DKI Jakarta pada bulan September 2004 bertempat di BPPK IV Lenteng Agung Jaksel dan diikuti oleh 40 guru akuntansi SMK se DKI Jakarta. Kami menugaskan instruktur Ali Mahmudi, yang saat itu masih menjadi karyawan CPSSoft (Vendor Accurate) dan sekarang bekerja di PT Primatech (Distributor MYOB Indonesia) yang berkantor pusat di Batam. Diklat guru ini kemudian menjadi stimulan diklat-diklat MYOB berikutnya dan mempengaruhi perkembangan MYOB di kalangan SMK. Kami juga mengembangkan diklat-diklat MYOB bagi guru dan siswa serta menulis banyak buku MYOB untuk SMK.

KELEMAHAN PROGRAM MYOB:

Setelah sekian tahun mengembangkan dan mengajarkan MYOB, kami menemukan banyak kelemahan yang dimiliki MYOB sebagai software accounting. Beberapa kelemahannya adalah
1. MYOB dibuat untuk kondisi internasional, tidak dibuat khusus kondisi usaha di Indonesia, yang mana penerapan akuntansinya mengacu kepada Ketentuan Perpajakan dan Standar Akuntansi Keuangan (SAK) yang berlaku di Indonesia.
2. MYOB versi trial (gratis) yang banyak digunakan di sekolah adalah dalam bahasa Inggeris dan keterbatasan penggunaan selama 30 hari sehingga sulit diterapkan untuk pembelajaran satu semester.
3. MYOB tidak terintegrasi dengan SPT Pajak dan tidak sesuai dengan ketentuan Perpajakan yang berlaku.
4. Format Laporan Arus Kas default MYOB tidak sesuai dengan Standar Akuntansi Keuangan (SAK).
5. Penilaian persediaan dalam MYOB menggunakan Average dan sudah menjadi default MYOB. Jika ingin menggunakan metode lain, maka harus disiasati dengan jurnal penyesuaian atau cara lain yang tidak normal.
6. Penerapan MYOB untuk beberapa kasus sangat ribet, karena harus disiasati terlebih dahulu dengan beberapa langkah yang memusingkan guru dan siswa.
7. Tidak ada feedback (benefit) yang diberikan oleh Vendor MYOB kepada Sekolah-sekolah yang telah banyak berjasa dalam mempopulerkan MYOB melalui kegiatan pembelajaran di sekolah. Bahkan ironisnya, bahkan sekolah-sekolah tidak mengenal siapa vendor atau distributor MYOB.
8. Jumlah pengguna MYOB di perusahaan sangat sedikit. Ini dibuktikan dengan MYOB tidak pernah mempublikasikan berapa jumlah penjualan MYOB original setahun atau grafik pertumbuhan penjualan MYOB.
9. Dan lain sebagainya.

ACCURATE: PROGRAM YANG DIREKOMENDASIKAN

Salah satu program yang banyak digunakan perusahaan yang sesuai dengan SAK dan Perpajakan Indonesia adalah Program Accurate. Program ini telah dipasarkan sejak tahun 1999, dibuat oleh vendor PT Cipta Piranti Sejahtera (CPSSof), perusahaan asli Indonesia, yang telah menggunakan bahasa Indonesia dan selalu diupdate agar sesuai dengan Standar Akuntansi Keuangan (SAK) dan Peraturan Perpajakan terbaru. Sebagai contoh: Program Accurate menyediakan fasilitas untuk mencetak laporan-laporan pajak, baik SPT Masa maupun SPT Tahunan, yang juga diajarkan SMK kepada siswa-siswa akuntansi.

Kelebihan lain program Accurate telah banyak digunakan perusahaan-perusahaan swasta nasional maupun Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di seluruh Indonesia. CPSSoft selaku vendor Accurate juga telah mengembangkan pemasaran melalui kerjasama dengan salah satu vendor komputer terkemuka (Acer) pada pertengahan tahun 2011 ini, yaitu pada dalam setiap produk komputer Acer yang dijual sudah ada CD program Accurate Original di dalamnya, sehingga setiap pembeli komputer merek Acer, dengan sendirinya telah memiliki program Accurate Original versi 4.1 (terbaru). Kerjasama ini tentu saja memperluas perusahaan-perusahaan pemakai program Accurate yang berasal dari pembeli komputer Acer di Indonesia.

ACCURATE POINT

Dalam rangka mengantisipasi kebutuhan perusahaan pembeli Acer yang ingin menggunakan Accurate, CPSSOFT membuka tempat-tempat yang melayani perusahaan untuk melakukan setup database Accurate, selanjutnya disebut ACCURATE POINT, di seluruh Indonesia. Atas rekomendasi STAPI INDONESIA, maka CPSSOFT menunjuk SMK-SMK Bisnis Manajemen menjadi ACCURATE POINT.

Untuk memberikan bekal kepada guru-guru akuntansi SMK, CPSSoft selaku vendor telah menunjuk STAPI INDONESIA melaksankan Kegiatan Training Gratis bagi Guru-guru Akuntansi SMK di seluruh Indonesia pada bulan September-Oktober 2011, yang direncanakan dilaksanakan di 8 (delapan) kota besar. Silahkan memanfaatkan kesempatan training gratis ini untuk memperoleh kompetensi menggunakan aplikasi Accurate sekaligus memperoleh CD Program Accurate versi terbaru dan Modul Komputer Akuntansi Accurate untuk SMK.


BENEFIT BAGI SEKOLAH:

1. Sekolah menjadi perwakilan resmi CPSOFT selaku vendor Accurate yang nama sekolah dan alamatnya dicantumkan dalam CD Accurate Original, sehingga customer Acer dapat memiliki lokasi terdekat untuk meminta jasa setup database ACCURATE POINT (SMK). Penunjukan ini diberikan dalam bentuk SERTIFIKAT.
2. Sekolah dapat memberdayakan siswa-siswa yang telah praktik Accurate di kelas, untuk membantu perusahaan-perusahaan customer Acer dalam melakukan setup database.
3. Sekolah memperoleh uang jasa yang dibayar perusahaan customer Acer atas setiap jasa yang diberikan.
4. Sekolah dapat menyalurkan siswa-siswa yang telah praktik Accurate di kelas, untuk bekerja di perusahaan-perusahaan customer Acer.
5. Guru akuntansi yang telah mengikuti Training STAPI INDONESIA, akan memperoleh Sertifikat Kualifikasi dari CPSSOFT.
6. Sekolah yang telah menjadi ACCURATE POINT, dapat melanjutkan kerjasama dengan CPSSOFT melalui paket kerjasama dengan banyak benefit lainnya, seperti seluruh siswa yang telah belajar Accurate di kelas akan memperoleh Sertifikat Kualifikasi dari CPSSOFT tanpa ujian dan tidak dipungut biaya lagi.

Informasi ini penting diketahui oleh rekan-rekan guru akuntansi SMK di Indonesia untuk merubah software akuntansi yang digunakan untuk pembelajaran kurikulum “Mengoperasikan Aplikasi Komputer Akuntansi” di SMK-SMK dengan menggunakan program Accurate sebagai pengganti MYOB. Bagi guru-guru yang belum menguasai MYOB, tidak perlu risau dengan perubahan ini, karena program Accurate juga disajikan dalam Bahasa Indonesia, sehingga mudah dipelajari dan dilatih. Sedangkan bagi guru yang sudah menguasai MYOB juga tidak perlu risau untuk menggunakan program Accurate, karena secara prinsip semua program komputer akuntansi (MYOB atau Accurate) memiliki kesamaan cara kerjanya, seperti logika jika sudah bisa naik motor merek Honda Supra, maka pasti bisa naik motor Yamaha Yupiter, karena secara prinsip adalah sama-sama motor. Yang penting bagi Bapak/Ibu guru SMK, tujuan akhir pembelajaran adalah memberikan bekal kepada siswa-siswa dengan program komputer akuntansi yang banyak digunakan perusahaan sehingga dengan mudah mereka memperoleh pekerjaan.

CPSSoft juga akan membuka hubungan kerjasama dengan Direktorat SMK Kementerian Pendidikan RI agar dapat digunakan Accurate dalam Lomba Kompetensi Siswa (LKS) Akuntansi SMK Tingkat Nasional.

Untuk informasi, STAPI Indonesia (www.stapiindonesia.wordpress.com) selama ini telah banyak menulis dan menerbitkan buku-buku MYOB untuk SMK, selanjutnya akan mengembangkan penulisan buku-buku Accurate untuk SMK sehingga memudahkan rekan-rekan guru dalam mendapatkan literatur buku untuk pegangan siswa dalam melakukan praktik komputer akuntansi di SMK-SMK seluruh Indonesia.

Download program Accurat versi 4.1 untuk SMK, silakan klik Accurate

About these ads

Aksi

Information

3 tanggapan

24 09 2011
Christiandy Sanjaya

letak perbedaannya ada dmn pak??

25 09 2011
Rahasia Membuat Website

Terima kasih atas infonya
kunjungi juga di http://www.klikpajak.wordpress.com untuk pajak lainnya

28 09 2011
Rahmat

Accurate… program yang mantap.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: