Kesalahan Soal Praktik Akuntansi LKS Nasional tahun 2010 dan 2011

18 12 2011

LKS SMK Tingkat Nasional tahun 2011 telah selesai dilaksanakan di Jakarta pada bulan November 2011, khusus akuntansi dilaksanakan di SMK Negeri 14 Jakarta Pusat. Ditpsmk Kementerian Pendidikan Nasional kembali mempercayakan tim Juri Akuntansi sama seperti tahun lalu, yang kebetulan adalah rekan-rekan saya sendiri yang tidak perlu disebutkan namanya (satu orang adalah rekan satu alumni di Malang, satu orang lagi pernah menjadi anggota tim saya).

Setelah mempelajari dengan cermat soal lomba dan kunci jawaban juri selama 2 tahun terakhir (2010 & 2011), saya menemukan beberapa indikasi kesalahan. Jika ini benar kesalahan yang dilakukan Juri, maka dikhawatirkan kesalahan ini menzalimi peserta yang telah menjawab benar. Peserta yang telah menjawab benar jawabannya akan disalahkan juri karena tidak sesuai dengan kunci jawaban yang dipegang juri.
Masukan dan koreksi kesalahan Soal LKS tahun 2010 dan 2011 ini sebenarnya telah saya kirimkan secara pribadi kepada juri melalui email untuk dipelajari kembali dan menjadi kritik yang membangun, yang untuk sementara tidak saya publikasikan, namun ternyata memperoleh tanggapan yang tidak profesional. Seharusnya rekan-rekan saya tersebut (juri) bisa memberikan landasan teori akuntansi yang dapat diterima umum dengan disertai alasan-alasan ilmiah.

Dalam rangka mencari kebenaran dan demi kemajuan kualitas soal lomba akuntansi SMK di masa-masa mendatang yang tidak menzalimi peserta-peserta lomba, maka melalui blog pribadi, saya berikan kritik terbuka terhadap soal akuntansi LKS untuk menjadi bahan diskusi para pegiat akuntansi SMK. Silahkan memberikan pendapat dan kritik anda dengan jernih disertai landasan teori yang jelas kepada tim juri LKS maupun kepada saya pribadi. Semoga perbedaan pendapat ini memotivasi kita semua untuk terus belajar dan melakukan perbaikan (improvement).

Bagi yang berminat mempelajarinya silakan download:
KRITIK SOAL PRAKTIK AKUNTANSI LKS NASIONAL TAHUN 2010 (PT TIGA CAHAYA PUTRA)
KRITIK SOAL PRAKTIK AKUNTANSI LKS NASIONAL TAHUN 2011 (PT MICRONICS INTERNUSA)
LANDASAN TEORI_UNCOLLECTIBLE ACCOUNTS_hal 1-6
LANDASAN TEORI_ UNCOLLECTIBLE ACCOUNTS_Hal 7-12

Untuk informasi, Salah satu juri akuntansi melalui PT Cipta Jasatama akan menyelenggarakan Seminar Sehari untuk Guru/Pendidik pada hari Sabtu, tanggal 24 Desember 2011 bertempat di Graha Sun Rise, Jalan Baiduri Pandan Nomor 11 Malang, dimana salah satu acaranya adalah Bedah Soal LKS Nasional dan Soal UKK Nasional.
Saya telah diundang untuk datang, namun karena jadwal kegiatan padat, saya tidak bisa hadir. Namun saya berharap rekan-rekan guru bisa hadir. Masukan dan kritik saya diatas telah saya kirimkan melalui email pada tanggal 1 Desember 2011 yang lalu.
Saya sangat mengharapkan semua pihak bisa berargumentasi dengan dasar teori yang jelas dan dapat diterima umum serta tidak saling merendahkan satu sama lain sehingga dapat meningkatkan kualitas akuntansi SMK di masa-masa mendatang.

About these ads

Aksi

Information

2 tanggapan

18 12 2011
sukrawita

Terimakasih pak irsan untuk informasinya.kebetulan kami bukan merupakan sekolah yg ditunjuk untuk ikut LKS,( di Jambi ngak ada proses seleksi tp main tunjuk untuk peserta LKS ) klo boleh di upload soalnya pak.terimakasih

3 01 2012
anggakumpulanlaguiwanfals

saya sangat setuju sekali dengan pendapat bapak,,, pelajaran disekolah saya pun begitu cara pengisiannya,,,, maju terus pak

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: