Juri PKS / LKS Akuntansi Nasional.. kembali melakukan kesalahan.

2 07 2008

Lomba PKS / LKS Akuntansi tingkat Nasional tahun 2008 di Makassar sudah selesai. Sangat disayangkan… ternyata soal akuntansi yang diperlombakan dan kunci jawaban yang dipegang juri dalam menilai ternyata masih mengulangi kesalahan soal PKS / LKS Akuntansi tahun 2007 di Bandung.

Kemanakah hati nurani Juri akuntansi dan Dikmenjur ?

Dalam soal lomba akuntansi tersebut, masih memperlakukan potongan pembayaran karena adanya percepatan pembayaran baik hutang dagang maupun piutang dagang, mengurangi PPN Masukan atau PPN Keluaran. Juri sungguh tidak mengerti sama sekali bahwa hal tersebut tidak dibenarkan perpajakan, dan lebih parahnya pihak Dikmenjur selaku yang punya gawean malah menutup mata terhadap kesalahan tersebut, mungkin hal ini karena LKS Nasional merupakan proyek berduit kali. Kayaknya KPK perlu turun tangan ke Dikmenjur untuk melihat ada apa di balik LKS Nasional ?

Jika ini benar, berarti kredibilitas juri akuntansi kembali dipertanyakan ? Disebutkan ada juri tahun lalu dari kantor akuntan yang masih ikut jadi juri tahun ini. Saya heran kenapa orang kantor akuntan kok nggak tahu bahwa PPN tidak boleh dikurangi ketika terjadi potongan pembelian pada saat pembayaran hutang dagang atau potongan penjualan kepada pelanggan pada saat penerimaan piutang dagang. Aneh kan…… he13x.

Pembahasan lengkap mengenai kesalahan soal akuntansi LKS Nasional 2008 Makassar dapat anda baca nanti dalam blog ini. Karena sekarang saya lagi mencari bukti-bukti soal tersebut.  Si yu.


Aksi

Information

3 responses

18 11 2008
dedi

saya adalah salah satu peserta lomba kompentensi siswa SMK tingkat nasional tahun 2007 kemarin. saya sangat setuju dengan pernyataan anda, bahkan soal tahun 2007 adalah soal yang di adopsi dari tahun sebelumnya tahun 2006. ini merupakan hal yang buruk bagi keberlangsungan sistem pendidikan yang ada di Indonesia. ditakutkan pratek yang seperti ini akan membuat generasi muda hancur dengan sendirinya. saya pernah mendapatkan bahwa salah satu pesera LKS tingkat nasional telah menemukan kunci jawaban dari LKS tingkat nasional 2008 tersebut. dan kalau saya boleh berpendapat tanpa ada unsur meng-judge pihak2 pihak tertentu, LKS yang dilakukan ini bukan untuk memberikan kompetensi siswa SMK tapi sebaliknya menghancurkan generasi muda indonesia yang berprestasi, juara yang telah diterima oleh setiap peserta dari beberapa provinsi hanyalah sebuah permainan politik, karena mereka yang mengatur sendiri siapa yang harus menang dan siapa yang harus kalah. hal itu sudah terorganisir dengan baik sehingga tidak terlihat di permukaan.
Salam

27 01 2010
wulan

assalamualaikum wr wb
pagi……
saya ingin mengajukan pernyataan, soal lks nasional th 2006 di bandung itu seperti apa sih? tolong dikirim ke alamat yang diatas.
makasih

13 05 2011
blograsacola

Diskon karena percepatan pembayaran utang bukannya diperbolehkan menurut standar akuntansi komersil yg berlaku (PSAK) ?

Sama halnya dengan penggunaan metode FIFO dalam akuntansi komersil, menurut pajak metode ini tidak diperbolehkan. Tapi bukan berarti kita tidak boleh menggunakan metode ini kan?

Karena ada perbedaan semacam inilah maka ada koreksi fiskal.

CMIIW.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




%d blogger menyukai ini: