Soal Nasional UKK Akuntansi 2009 = hasil plagiat ?

16 10 2009

Berdasarkan penelitian saya dan hasil pertemuan dengan pihak Direktorat Pembinaan SMK Depdiknas (saya diundang datang setelah mereka menerima surat somasi saya) pada bulan Juni 2009, didasarkan bukti-bukti dapat saya simpulkan bahwa Soal Uji Kompetensi Keahlian Akuntansi SMK tingkat Nasional tahun 2009 yang diujikan pada bulan Maret 2009, dalam hal ini soal kasus PT. Anggrek, merupakan hasil plagiat hampir 90% dari Soal Kasus Akuntansi yang pernah saya buat untuk Lomba Ketrampilan Siswa SMK tingkat DKI Jakarta tahun 2008 (PT. Yanisan Motor).

Di dalam Soal UKK Akuntansi tersebut jelas dicantumkan bahwa Hak Cipta pada Depdiknas. Kata-kata hak cipta inilah yang kemudian menggugah saya untuk memberikan somasi bahwa soal tersebut merupakan soal saya yang dirubah-rubah.

Pihak Direktorat Pembinaan SMK dalam hal ini diwakili Bapak Mustagfirin & Bapak Yunus, tidak memberikan tanggapan yang memadai atas perbuatan plagiat tersebut, karena menganggap sebuah soal bukanlah karya cipta yang dilindungi Undang-Undang, sehingga bebas digunakan umum.

Benarkah sebuah soal kasus akuntansi yang terdiri dari banyak halaman dan dibuat dengan susah payah tersebut tidak dianggap sebagai sebuah karya cipta yang dilindungi UU ?

Benarkah sudah tidak ada etika lagi dalam dunia pendidikan kita sehingga tidak ada penghargaan sama sekali terhadap jerih payah orang lain dan Depdiknas dengan mudah melakukan plagiat ?


Aksi

Information

Tinggalkan Balasan

