Praktek Kerja Kasus Akuntansi = Kompetensi Kerja

14 09 2008

Setiap kasus transaksi yang terjadi dalam perusahaan tidak dapat dilihat dari satu aspek saja, misal ttg jurnal debit kredit saja atau cash flow saja, tetapi harus dilihat dari beberapa aspek pengetahuan.

Pengetahuan yang idealnya harus dimiliki oleh tenaga pelaksana akuntansi di perusahaan inilah yang disebut Kompetensi Kerja.

Kompetensi kerja yang meliputi banyak pengetahuan ini seharusnya dibekali kepada Mahasiswa Akuntansi atau Siswa2 Akuntansi SMK, sehingga mereka siap kerja ketika baru tamat (fress graduate). Menjadi persoalan sekarang adalah 1). berbagai Ilmu Akuntansi baik kurikulum S1 maupun KTSP SMK terpisah dan diajarkan oleh Dosen/Guru yang berbeda latar belakang ilmunya dan punya egonya masing-masing; 2). Satu Dosen/Guru hanya mengajarkan Satu Ilmu saja. Contoh bila semester ini dia mengajar Pengantar Akuntansi / Siklus akuntansi jasa, maka yang hanya dikuasai cuma itu dan yang diajarkan di kelas cuma itu saja.

Kasus Praktek :

Bukti transaksi :   Kuitansi nomor 408 tanggal 7 Juni 2008 Pembayaran honor membuat akta pendirian perusahaan kepada Notaris Yusuf sebesar Rp.4.000.000,- 

 
Pengetahuan yg diperlukan untuk identifikasi dan Penyelesaian transaksi diatas 
Sistim dan prosedur akuntansi:
formulir apa yang digunakan, bagaimana cara membuat kwitansi dan formulir, siapa otorisasi pengeluaran, kemana saja distribusi formulir, dll
Perpajakan :
ketentuan bea materai untuk kwitansi, apakah transaksi ini  objek pajak atau bukan, formulir bukti pemotongan yg digunakan, bagaimana cara membuat bukti pemotongan, dll
Perbankan :
sebaiknya pengeluaran secara tunai, cek atau bilyet giro, mana alat pembayaran yang menguntungkan perusahaan (floating), cara menulis cek/BG,dll
Auditing :
keabsahan lampiran bukti asli, perhitungan kebawah dan kesamping (crossfooting),
Filing system:
cara penomoran bukti dan formulir, cara mengarsip bukti, cara menyimpan bukti.
Akuntansi Keuangan
Bagaimana mencatat jurnal transaksi dan seterusnya.
Komputer akuntansi :
Modul program mana yg digunakan, Bagaimana melakukan input data transaksi,dll

Jadi yang disebut kompetensi kerja adalah kemampuan lulusan akuntansi untuk menyelesaikan bukti transaksi di atas secara menyeluruh, benar dan tepat seperti dikehendaki oleh manajemen perusahaan. Bisakah kita kaum pengajar akuntansi memberikan dan mengajarkan seperti dimaksud……. Walahualam bhisawab.

 

About these ads

Aksi

Information




Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: