ILB Living Learner

Kehidupan  adalah tempat belajar. Jadilah seorang pembelajar kehidupan (Living Learner).

 

Si pembelajar kehidupan

 

 

 

 

 

 

 

 

..

Tentang Orang Baik

Sekarang ini banyak orang islam berbicara tentang “orang baik”. Padahal setiap orang islam pasti sering baca Al quran yang salah satunya adalah surah Al Baqarah.

Di dalamnya sudah disebutkan kriteria “orang baik” menurut Al quran. Jadi sungguh ironis orang islam membuat kriteria sendiri tentang orang baik padahal dia sering membaca Al quran, sebuah petunjuk jalan yang lurus ( Ihdinassiratal mustaqim ).

Kriteria Orang Baik

Mari kita renungkan diri kita sendiri..

..

Nasehat Bagi Yang Hidup

Setiap hari ada jutaan orang meninggal dunia. Berapa persen-kah yang khusnul khotimah ?

Dalam islam telah dijelaskan ciri ciri khusnul khotimah. Di sekitar kita dapat kita amati dan simpulkan apakah orang yang meninggal dunia di sekitar kita sudah memenuhi ciri ciri tersebut ?

Menurut pembelajaran saya ternyata khusnul khotimah tidak bisa didapat dengan hanya berdoa dan berharap saja, akan tetapi harus disertai aksi kafah (pengamalan) yang linear pada semua aspek dalam setiap detik kehidupan kita.

Contoh yang saya coba pahami, misalkan ketika kita mengerjakan sholat, salah satu bacaannya adalah al fatihah, tanyakan secara kritis apakah kita sudah mengamalkan dalam hidup kita setiap hari ?

Jika belum, maka berarti tidak linear antara ibadah dengan amal perbuatan kita. Kita sama sama ketahui bahwa islam mengajarkan proses dunia untuk tujuan akhirat, mengutamakan amal perbuatan disertai ilmu.

Advice for Living

Advice for Living 2

..

Belajar dan Berlatih untuk Masa Depan Lebih Baik

..

Setiap manusia berawal dari tidak tahu dan tidak bisa apa-apa.
Keyakinan, Ketekunan dan kesungguhanlah yang membuat perbedaan hasil akhir.
Jangan pernah mencoba jalan pintas. Menyontek ketika sekolah, korupsi/menipu ketika bekerja, pesugihan ketika usaha, menyogok ketika jadi pegawai/naik jabatan, dan sebagainya. Hal itu akan berakhir dengan tidak baik kelak.

..

Apapun yang kita miliki harus disayangi.
Namun tidak semua yang kita sayangi harus dimiliki.
Baris pertama mengajarkan bersyukur terhadap apapun yang dimiliki dengan cara menjaga dan menyayangi. Baris kedua mengajarkan ikhlas menerima ketentuanNya setelah ikhtiar.

..

Jika banyak, memberi itu hal yang biasa.
Jika sedikit, memberi itu hal yang luar biasa.
Salah satu perbuatan mulia adalah memberi harta yang dicintai kepada kerabat, anak yatim, orang miskin, musafir dan orang yang meminta-minta. (QS 2:177)
Pagi minggu ini sebuah kebiasaan baru telah dimulai dan harus konsisten. Semoga Allah senang.

..

Kesalahan terbesar dalam hidup adalah kita tidak tahu bahwa hidup kita banyak kesalahan dari bayi hingga kini. “Sesungguhnya manusia tidak memperoleh selain apa yang telah dikerjakannya.” (QS 59:39)

..

Kenapa dalam aktivitas hidup, kita sering melupakan darimana kita berasal, untuk apa kehidupan ini diberikan, dan kemana tujuan kita setelah mati ? (baca QS 59:18, QS 6:162, QS 95:4-5)

..

Iklan



%d blogger menyukai ini: